Senin, 14 April 2014

PENGERTIAN LAPORAN KEUANGAN MENURUT EQUITY DAN PROSEDUR AKUNTANSI MENURUT METODE EQUITY


v  Pengertian Laporan Keuangan Konsolidasi Menurut Equity
Adalah penyusunan laporan keuangan dengan investasi perusahaan induk dan perusahaan anak sebagai penyertaan modal, jadi jika aktiva bersih perusahaan anak berubah kegiatan operasional maka akan menyebabkan perubahan nilai investasi perusahaan induk.

Pencatatan investasi saham pada metode ini berdasarkan anggapan jika investasi pada perusahaan anak sama dengan perusahaan cabangnya.
Alasan diterapkan metode ini yaitu perusahaan induk dan perusahaan anak sejajar jika terjadi perubahan modal dalam perusahaan anak harus diakui dan dicatatat oleh perusahaan induk untuk bisa mengikuti perubahan laporan keuangan.

v  Perkiraan (account) yang perlu diperhatikan dalam laporan keuangan konsolidasi menurut equity antara lain :
1.      Investasi Saham dalam perusahaan anak
Yang akan berubah jumlahnya jika perusahaan anak melaporkan adanya laba rugi atau pembagian deviden.

2.      Kas
Akan berubah jumlahnya apabila perusahaan induk menerima pembagian dividen atau pembelian saham milik perusahaan anak.

3.      Piutang deviden perusahaan anak
Yang timbul karena perusahaan mengumumkan dividen namun belum dibayar. Perkiraan ini harus dihapuskan apabila telah dibayar tunai.

4.      Laba yang ditahan perusahaan induk
Akan berubah jumlahnya apabila perusahaan anak melaporkan adanya Rugi/Laba. Selain itu akan berubah juga karena adanya Rugi/Laba milik perusahaan induk itu sendiri.

5.      Laba yang ditahan perusahaan anak 
Akan berubah jumlahnya apabila ada Rugi/Laba pada saat pembagian dividen pada perusahaan anak itu sendiri.

v  Prosedur Akuntansi Menurut Metode Equity
Beberapa hal dalam penerapan prosedur akuntansi menurut metode equity yaitu :
·         Metode equity pada dasarnya sejalan dengan pendekatan akuntansi yang digunakan pada penyiapan laporan keuangan konsolidasi. Perusahaan induk dan investee yang dikendalikan diperlakukan sebagai bagian dari satu kesatuan yang terpadu.
·         Meskipun dari segi hukum perusahaan induk dibedakan dari perusahaan anak, namun akuntansinya didasarkan pada hubungan ekonomi di antara keduanya.
·         Penggunaan metode equity membutuhkan prosedur akuntansi.

v  Hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam prosedur pencatatan investasi menggunakan metode equity, yaitu :
·         Rugi dan Laba bersih perusahaan
Jika Laba maka perusahaan induk akan mencatat rekening debit “Investasi Saham Pada Perusahaan Anak” dengan rekening kredit “Laba Yang Ditahan (LYD)”.
Jika rugi maka perusahaan induk akan mengkredit rekening “Investasi Saham Pada Perusahaan Anak” dan mendebet rekening “Laba Yang Ditahan (LYD)”

·         Dividen yang dibagikan oleh perusahaan
Dari sisi perusahaan anak pembagian Deviden akan mengurangi saldo Laba Yang Ditahan, sedangkan pada perusahaan induk dengan pembagian deviden ini akan mendapat perubahan bentuk dari kekayaan yang semula berupa hak atas laba perusahaan anak (Invetasi Saham Perusahaan Anak) ke dalam bentuk kekayaan yang lain (Kas/Piutang Deviden).


Tidak ada komentar: